Apa Itu Sariawan dan Cara Pencegahannya


Cahayamalam.com - Apa itu sariawan - Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan, baik mereka yang masih muda, seperti anak-anak atau para orang tua. Seseorang yang terkena sariawan pasti merasakan sakit dan nyeri pada bagian dalam mulutnya, karena sariawan memang merupakan sejenis luka atau peradangan yang timbul karena beberapa faktor.

Beberapa faktor penyebab sariawan adalah bagian lidah atau gusi bagian depan tergigit oleh gigi saat sedang makan atau mengunyah sesuatu. Sariawan juga bisa terjadi karena adanya infeksi akibat jamur, bakteri dan lain-lain. Atau pada kondisi tertentu seperti, stress, perubahan hormon, kurang vitamin, faktor genetik dan akibat rokok.

Penyebab terparah bisa juga terjadi karena penyakit autoimun, dalam hal ini lupus. Beberapa penyebab sariawan sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, ada juga yang sulit dihilangkan. Inilah yang harus Anda waspadai, jadi apa itu sariawan dan penyebabnya yang sulit dihilangkan?

Di antara penyebab sariawan yang sulit dihilangkan adalah apabila itu terjadi karena faktor genetik dan adanya jenis penyakit lain seperti penyakit autoimun ini. Istilah dalam dunia kedokteran dan kesehatan untuk penyakit sariawan yang sulit dihilangkan adalah cold sores.

Cold sores dapat menimbulkan gejala bengkak pada gusi dan lepuhan di luar mulut yang apabila pecah akan membuat semakin banyaknya ulkus yang muncul dan menyebar di dalam dan luar mulut. Untuk sariawan jenis ini, Anda wajib untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Jadi, sekarng jelas apa itu sariawan dan penyebabnya. 

Nah, sekarang bagaimana cara mengatasinya dan mencegah sariawan datang kembali? Untuk membantu mengurangi rasa sakit sekaligus menyembuhkan biasanya orang melakukannya dengan beberapa cara berikut.

Berkumur dengan Air Garam

Cara sederhana ini memang telah dilakukan secara turun temurun oleh orangtua sejak zaman dahulu. Hal ini memang cukup efektif untuk dilakukan karena cairan garam memang bisa membuat kulit tertarik dan mengering, sehingga secara otomatis dapat langsung menyembuhkan luka. Lebih lanjut tentang apa itu sariawan cara mengatasinya selanjutnya adalah.

Sikat Gigi yang Benar

Banyak orang yang kadang menyepelekan cara menyikat gigi yang benar, padahal menyikat gigi secara benar dan menggunakan pasta gigi yang tepat adalah dapat menghindari seseorang terkena sariawan.

Makan-makanan Bergizi

Salah satu penyebab sariawan adalah kurangnya nutrisi penting bagi tubuh. Oleh karenanya, dengan makan makanan bergizi, terutama yang mengandung vitamin C,  seseorang dapat secara langsung melakukan pencegahan terhadap penyakit sariawan. Jadi, apa itu sariawan dan cara pencegahannya yang paling efektif, ya dengan makan makanan yang bergizi

Rutin Melakukan Pemeriksaan ke Dokter

Masalah gigi dan mulut memang sering diabaikan banyak orang,  dikarenakan ada yang menganggapnya sebagai penyakit ringan dan tidak akan menimbulkan kematian. Namun, sebenarnya tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin ke dokter, setidaknya 6 bulan sekali dalam setahun.

Dengan demikian, Anda juga dapat mendeteksi dini apabila terjadi gangguan kesehatan pada gigi dan mulut Anda. Pencegahan terhadap penyakit tertentu pun dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan rutin ini. Masihkah Anda bingung tentang apa itu sariawan dan bagaimana pencegahannya? Semoga tidak lagi ya.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang apa itu sariawan dan cara mengatasinya sekaligus pencegahan penyakit ini datang kembali. Semoga tidak ada lagi keluhan tentang penyakit ini yang Anda rasakan berlarut-larut dan lama prosea penyembuhannya, setelah Anda membaca artikel ini, terima kasih.


Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Sariawan dan Cara Pencegahannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel