Stroke, Penyebab dan Gejalanya yang Wajib Anda Ketahui!



Cahayamalam.com - Penyakit stroke menjadi momok tersendiri bagi banyak orang. Sangat perlu untuk waspada penyakit stroke supaya anda dapat hidup lebih panjang dan bahagia. Penyakit ini menyebabkan seseorang tidak bisa beraktivitas, bahkan ada yang hanya di ranjang saja.

waspada penyakit stroke

Stroke bisa terjadi pada usia muda dan pola hidup tak sehat adalah penyebabnya. Stroke terjadi ketika bagian otak rusak karena penyumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah di otak. Jika ingin terhindar dari resiko stroke, ketahuilah penyebab pastinya, berikut ulasannya!

Inilah Penyebab dan Gejala Penyakit Stroke

Ada beberapa penyebab dan gejala stroke yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah:

Penyebab Stroke

Untuk waspada penyakit stroke, mengetahui penyebabnya itu wajib. Perlu Anda ketahui bahwa stroke dapat terjadi dalam salah satu dari 2 cara. Cara pertama adalah karena pembuluh darah di otak tersumbat (memotong aliran darah yang disebut stroke iskemik). Kedua adalah dikarenakan pendarahan pada otak atau stroke hemoragik.

Stroke yang disebabkan oleh penyumbatan jauh lebih umum terjadi daripada stroke yang disebabkan oleh perdarahan. Hal-hal yang meningkatkan risiko mengalami stroke termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, merokok, irama jantung abnormal yang disebut fibrilasi atrium, dan kurangnya aktivitas fisik.

Karena itu, mempertahankan gaya hidup sehat dan minum obat untuk semua kondisi medis lainnya merupakan langkah waspada penyakit stroke yang tepat. Untuk mendeteksi adanya penyakit strok sejak dini, anda harus mengetahui gejala-gejalanya seperti di bawah ini.

Gejala-gejala Penyakit Stroke

Ketika otak tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, banyak tanda dan gejala yang berbeda dapat terjadi. Jumlah dan jenis gejala tergantung pada bagian otak mana yang terlibat.

Beberapa tanda-tanda umum stroke adalah:

  • Asimetri pada wajah atau terkulai di satu sisi wajah
  • Kelemahan pada satu sisi tubuh (seperti lengan, tungkai, atau keduanya)
  • Mati rasa atau sensasi yang tidak biasa di satu sisi tubuh
  • Kesulitan berbicara (ucapan tidak jelas dan tidak dapat mengulangi frasa sederhana)

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Anda Mengalami Tanda-tanda di Atas?

Semakin cepat Anda bisa sampai ke rumah sakit, semakin besar peluang Anda untuk sembuh. Karena itu, Anda harus segera memanggil paramedis jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda peringatan di atas. Jangan tunda-tunda karena karena kondisi ini bisa mengarah ke lebih serius dalam waktu cepat.

Alasan mengapa waktu sangat penting untuk waspada penyakit stroke adalah karena bila darah dibiarkan menggumpal pada otak, penyakitnya bisa sampai pada kematian. Saat terdapat gejala stroke, Anda harus segera mendapatkan obat untuk melarutkan gumpalan darah tersebut.

Obat ini hanya bekerja selama beberapa jam pertama setelah stroke. Setelah itu tidak lagi efektif dan bahkan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya. Karena itu, sangat pentin g bagi Anda untuk menjalankan pola hidup sehat serta mengikuti anjuran dokter saat mengalami tanda-tanda stroke di atas.

Bukan mustahil untuk bisa sembuh dari stroke, asalkan Anda minum obat dan mematuhi anjuran dokter serta terapi di rumah. Olahraga harus juga dilakukan setiap hari, setidaknya 30 menit secara rutin. Selain olahraga, Anda pun wajib tidur yang cukup dan nyenyak.

Tak hanya itu, jika Anda memiliki penyakit hipertensi, kolesterol tinggi maka, tingkat waspada penyakit stroke harus lebih tinggi. Kedua kondisi tersebut bisa menyebabkan penyumbatan darah di otak. Jangan lupa pula cek kadar kolesterol dan tekanan darah secara rutin pula. 

Belum ada Komentar untuk "Stroke, Penyebab dan Gejalanya yang Wajib Anda Ketahui!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel