Langkah Cermat untuk Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak


Cahayamalam.com - Sebagai orang tua, anda pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anak, terutama menjamin pendidikannya sampai ke jenjang yang tinggi. Tentunya, anda juga sudah tahu jika dana pendidikan terus naik setiap tahunnya. Oleh karena itu, sangat perlu menyiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini. Sehingga, anda tidak kewalahan dan anak anda tetap mendapatkan haknya meski anda sedang dalam masa sulit sekalipun.

tabungan pendidikan anak

Mempersiapkan tabungan pendidikan anak memang wajib menjadi prioritas para orang tua. Namun, tidak mudah untuk bisa mempersiapkan itu. Anda perlu memiliki strategi khusus agar bisa mengelola keuangan dengan tepat. Dimana, anda tetap bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, memiliki dana untuk keperluan mendadak, lalu menabung untuk pendidikan anak. Berikut caranya!

Tentukan dulu sekolah yang anda inginkan untuk anak

Langkah pertama dalam menentukan tabungan pendidikan anak adalah memilih sekolah yang tepat untuk anak anda. Apakah anda ingin menyekolahkan anak di sekolah negeri atau swasta, sekolah nasional atau kualitas internasional? Selain itu, anda pun perlu memikirkan dimana mereka les nantinya dan perkiraan beberapa fasilitas pendidikan lain.

Memang terkadang perkiraan tentang sekolah bisa meleset karena keinginan anak bisa berbeda dengan orang tua. Tapi, anda tetap harus memikirkan yang terbaik bagi anak.

Riset dulu, lalu hitung biaya sekolah

Kedua, anda harus melakukan riset biaya sekolah anak. Cari informasi dari beberapa sekolah yang akan anda pilih untuk anak nantinya. Setelah itu, kalkulasi biayanya. Anda perlu menghitung biaya sekolah setiap bulannya, persemester atau pertahun. Pertimbangkan pula kenaikan biaya di masa mendatang. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa biaya pendidikan mengalami kenaikan terus-menerus.

Jangan lupa daftar juga estimasi biaya lainnya

Anda juga harus memperhitungkan biaya-biaya di luar sekolah seperti biaya les, biaya kegiatan study tour dan lain-lain. Kemudian juga perlu memperkirakan biaya membeli buku pelajaran dan buku tambahan. Tak hanya itu, anda mungkin ingin memaksimalkan anak dalam mengelola bakatnya. Sehingga, anda perlu biaya pelatihan kepada orang yang professional di bidangnya.

Saat merancang anggaran, anda tidak boleh lupa memperkirakan kenaikan-kenaikan yang mungkin terjadi. Dengan membuat daftar semua itu, anda bisa membuat perencanaan tabungan pendidikan anak dengan tepat.

Pikirkan apakah tabungan pendidikan anak atau asuransi pendidikan?

Ketika membahas tentang persiapan dana pendidikan, anda mungkin akan dihadapkan dalam dua pilihan. Pilihan itu adalah tabungan pendidikan anak ataukah asuransi pendidikan. Kedua pilihan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan yang bisa saja membuat anda bingung. Anda perlu mempertimbangkan dengan baik, alangkah baiknya meminta saran kepada ahlinya.

Jika anda memilih tabungan pendidikan, maka lebih cocok untuk tujuan jangka pendek yakni sekitar 2 – 5 tahun. Sedangkan asuransi pendidikan, cocok untuk tujuan jangka panjang bisa lebih dari 10 tahun. Anda bisa mengambil dua-duanya jika memang penghasilan mencukupi.

Bersama HSBC, mari rencanakan pendidikan terbaik bagi anak

Setelah anda merencanakan langkah-langkah di atas, anda pun perlu memilih tempat menyimpan dana pendidikan anak yang tepat. Pastikan tabungan pendidikan anak anda dibawah naungan HSBC. Sebab, HSBC tidak hanya memberikan keamanan dan kenyamanan dana anda, melainkan pula riset terhadap perencanaan pendidikan anak.

Tim keuangan khusus dana pendidikan HSBC akan merekomendasikan penyimpanan yang tepat bagi anda sesuai kondisi keuangan anda. Sebelum menitipkan tabungan pendidkan anak, anda bisa berkonsultasi dulu tentang biaya pendidikan anak. Sehingga, pemilihan penyimpanan dana ini bisa tepat, terencana dan sesuai yang anda inginkan.


Belum ada Komentar untuk "Langkah Cermat untuk Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel