Waspada komplikasi akibat demam berdarah



Cahayamalam.com - Waspada komplikasi akibat demam berdarah - Infeksi bisa saja terjadi  salah satu dari empat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk jenis Aedes aegypti. Virus yang termasuk dalam jenis Flaviviridae ini dapat menimbulkan gejala seperti flu yang parah, yaitu demam tinggi dengan suhu lebih dari 40 derajat Celsius, sakit kepala parah, nyeri otot juga sendi, dan wajah memerah yang diikuti munculnya ruam pada kulit.

Siapa saja bisa terserang demam berdarah dengue tanpa pandang usia, terlebih jika memiliki kawasan tempat tinggal yang termasuk dalam daerah endemik. Namun, demam berdarah memang memiliki fakto resiko terjadi pada anak-anak di atas 5 tahun, remaja, hingga orang dewasa. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyerang wisatawan, tergantung pada berapa lama waktu yang dihabiskan di daerah endemic.

Description: Jangan Anggap Remeh, Alasan Demam Berdarah Bisa Berakibat Fatal
Sumber gambar: halodoc.com

Waktu melakukan perjalanan (apakah sedang musim nyamuk berkembang biak), dan intensitas penularan penyakit ini di daerah tersebut.Sehingga jika kamu suka travelling jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan ya, bisa dengan membawa lotion nyamuk ketika berada didaerah endemik tersebut. Tidak hanyaa itu ternyata demam berdarah juga bisa menyebabkan komplikasi serius yang tidak bisa disepelekan.

Jika tidak ditangani dengan baik, demam berdarah dapat menyebabkan komplikasi yang serius serta tidak bisa disepelekan. Jadi, ketika kamu mengalami gejala awal dari demam berdarah seperti yang telah disebutkan tadi, segera periksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar hasilnya lebih dipercaya. Jadi apa saja sih penyakit komplikasi yang disebabkan demam berdarah ? diantaranya :

1. Demam Berdarah Dengue

Demam ini sangat berisiko pada orang-orang yang memiliki antibodi terhadap virus dengue dari infeksi sebelumnya, berusia di bawah 12 tahun, dengan sistem imunitas tubuh yang lemah. Gejala yang muncul meliputi demam tinggi, kerusakan pada sistem limfatik, kerusakan pembuluh darah, perdarahan dari hidung dan gusi, pembesaran hati, dan kegagalan sistem sirkulasi. Gejala demam berdarah dengue juga bisa menyebabkan terjadinya sindrom syok dengue.

 Jika sindrom tersebut berada pada fase akut, perdarahan dapat terjadi lebih parah dan berisiko tinggi menyebabkan kematian. Imunitas tubuh sebelumnya, atau kemampuan tubuh untuk melawan infeksi virus dengue yang berbeda turut berperan dalam memicu terjadinya demam berdarah dengue. Namun, kondisi ini lebih sering menjangkiti anak-anak perempuan berusia di bawah 12 tahun dibandingkan dengan anak laki-laki. Jika muncul gejala, pengobatan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga asupan cairan agar tidak terjadi dehidrasi.

 2. Sindrom Syok Dengue

Komplikasi ini merupakan imbas dari demam berdarah dengue dengan gejala berupa penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, rasa dingin dan kulit lembap, denyut nadi cepat tetapi lemah, mulut kering, dan pernapasan tidak teratur. Angka kematian dari komplikasi demam berdarah ini bisa mencapai 40 persen jika pengidap tidak segera mendapatkan penanganan.

Hampir sama dengan virus yang beredar sekarang yaitu corona. Bahwasanya demam berdarahpun juga membahayakan dan beresiko kematian. Walapun awalnya hanya dari nyamuk tetapi tetap membawa virus dengue yang berbahaya maka dari itu jagalah lingkungan yang bersih agar tidak sampai menimbulkan sarang nyamuk. Pastikan kita melakukan gerakan 3M yaitu menguras bak penampungan air, menyikat kamar mandi dan tempat yang berpotensi jadi sarang  nyamuk serta menutup penampungan air serta benda benda yang biasanya tergenang oleh genangan air yang sangat disukai okeh nyamuk aides aegypty.

Belum ada Komentar untuk " Waspada komplikasi akibat demam berdarah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel