12 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Asam Folat dalam Tubuh


Cahayamalam.com - Asam folat atau disebut dengan vitamin B9 mampu menjaga kondisi tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin memang sangat dianjurkan agar sistem kekebalan dan pencernaan tubuh tidak mengalami gangguan. Sama seperti vitamin yang lainnya, asam folat (vitamin B9) baik dalam bentuk suplemen maupun makanan berguna menjaga kesehatan bila dikonsumsi dalam dosis sewajarnya.


Kegunaan asam folat bagi tubuh manusia sangat penting khususnya bagi ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan vitamin B9 agar perkembangan janin lebih sempurna dan terhindar dari kecacatan. Secara umum, kegunaan asam folat itu sendiri mampu mencegah gangguan stroke, jantung, peningkatan jumlah sel, membantu mengatasi gangguan mental / emosional, membangun otot, dan membantu pembentukan haemoglobin dalam tubuh.

Sumber alami asam folat (vitamin B9) bisa didapat dari makanan harian seperti sayuran berdaun hijau, jamur, keju, kacang-kacangan, kol. Sedangkan pada buah-buahan asam folat bisa didapat pada jeruk dan pisang. Asam folat juga ditemukan pada sumber makanan lain seperti beras merah, dan suplemen.

Mengkonsumsi asam folat (vitamin B9) harus dianjurkan sesuai aturan atau dalam dosis seimbang. Tidak terlalu berlebihan maupun kurang. kelebihan dan kekurangan asam folat dapat menimbulkan beragam gangguan pada tubuh. Berikut beberapa akibat dari akibat kelebihan asam folat, dan akibat kekurangan asam folat.

Akibat Kelebihan Asam Folat Dalam Tubuh

1. Insomnia

Kelebihan vitamin B9 mampu menghambat kemampuan seseorang dalam mengatur jadwal tidur tepat waktu. Tubuh seseorang berada pada kondisi yang tidak seimbang sehingga menimbulkan rasa terus terjaga atau tidak bisa tidur. Bila hal ini terus dialami maka insomnia pun akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan mental.

2. Kejang

Ketidakseimbangan vitamin B9 membuat tubuh penderitanya bisa sampai mengalami gangguan saraf yang berdampak pada timbulnya gejala kejang.

3. Ruam

Akibat kelebihan asam folat adalah munculnya warna merah (ruam) pada kulit secara tiba-tiba. Gejala ruam kulit sendiri ditandai dengan timbulnya gatal-gatal atau benjolan, kulit bersisik atau mengelupas atau kulit menjadi iritasi.

4. Kesemutan

Akibat kelebihan asam folat membuat vitamin B12 menjadi semakin sedikit kadar dalam tubuh. Akibatnya, asam folat yang tidak terkontrol dalam tubuh membuat vitamin B12 menjadi berkurang sehingga merangsang terjadinya kesemutan berkala.

5. Mati rasa

Karena Vitamin B12 terlalu banyak berkurang akibat kelebihan asam folat dan dalam jangka waktu panjang, membuat tubuh mengalami kerusakan pada sel jaringan tubuh sehingga muncullah gejala mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Selain itu, tubuh juga akan mengalami kehilangan kemampuan merespon rangsangan dari luar dan ketidak mampuan meneruskan respon ke saraf otak.

6. Kelelahan

Kelelahan bisa timbul karena kadar asam folat dalam tubuh terlalu berlebihan. Kelelahan biasanya disertai rasa letih dan lemah sehingga memicu timbulnya kondisi tubuh yang tidak bersemangat. Kelelahan bisa mengganggu kesehatan tubuh, otot dan gangguan psikologis.

7. Hipertensi

Akibat kelebihan asam folat bisa berdampak pada tekanan darah dalam tubuh. Asam folat yang tidak terkontrol memicu timbulnya hipertensi akibat dari kurangnya sistem sirkulasi darah dimana, sistem tubuh penting ini mampu bereaksi terhadap keberadaan asam folat terlebih yang kadar asam folatnya berlebihan.  

Akibat Kekurangan Asam Folat Dalam Tubuh

1. Anemia

Akibat kekurangan Asam Folat membuat pasokan bahan untuk pembentukan sel darah merah menjadi berkurang. Kurangnya sel darah merah membuat berkurangnya juga jumlah haemoglobin normal sebagai sel utama dalam menyaring oksigen. Akibatnya tubuh berpotensi mengalami anemia sehingga berpotensi membuat tubuh terlihat letih, lesu, lelah dan kurang bersemangat.

2. Diare

Akibat kekurangan Asam Folat juga berdampak pada sistem pencernaan manusia. Usus tidak mampu menyerap sari dan air, mengganggu kinerja sistem pencernaan, membuat lambung mengalami gangguan hingga rasa memicu terjadinya masalah penyakit maag. Bila diare berkepanjangan tidak segera diatasi akan mengakibatkan masalah serius lainnya seperti kehabisan cairan.

3. Sariawan

Tidak hanya kekurangan vitamin C saja yang bisa menimbulkan sakit sariawan, namun kekurangan vitamin B9 juga bisa menimbulkan sariawan. Sebab gangguan sariawan tersebut bisa diakibatkan karena ada faktor pemicu seperti kelelahan, stess, alergi dan gangguan imunitas karena kurangnya asupa asam folat.

4. Bayi cacat lahir

Asupan nutrisi bagi ibu hamil memang harus diperhatikan. Terutama asam folat. Bagi ibu hamil, asam folat yang cukup mampu memberikan dampak baik bagi tumbuhnya janin dalam kandungan. Akibat kekurangan Asam Folat bagi janin membuat tubuh janin tidak berkembang sempurna atau cacat (Spina Bifida). Kurangnya vitamin ini dari batas normal juga memicu kelainan otak bawaan pada bayi, kegagalan tabung saraf atas, tengkorak dan otak bayi yang disebut dengan penyakit Anensefail.

5. Lidah bengkak

Lidah bengkak sekilas hampir mirip dengan gejala sariawan. Lidah bengkak bisa juga ditimbulkan karena kurangnya vitamin B9. Gejala yang ditimbulkan oleh lidah bengkak yaitu lidah berubah warna menjadi putih, lidah terlihat kasar dan pecah-pecah. Terasa sakit saat menelan disertai bengkak.

Demikian 12 masalah atau akibat kekurangan Asam Folat beserta gangguan yang dirasakan tubuh bila asam folat terlalu berlebih dalam tubuh. Sejatinya, apa yang kita konsumsi tersebut harus berada pada batas normal yang dibutuhkan tubuh.

Bila kelebihan atau kekurangan vitamin justru akan berdampak tidak baik bagi kesehatan dan psikologis seseorang. Cukup dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung asam folat (vitamin B9) yang cukup saja, maka tubuh kita justru akan lebih sehat dan berenergi.

Belum ada Komentar untuk "12 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Asam Folat dalam Tubuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel