Hal – Hal Yang Sering Ditanyakan Oleh Ibu Menyusui



Cahayamalam.com - Hal – Hal Yang Sering Ditanyakan Oleh Ibu Menyusui - Bagi ibu muda yang baru pertamakalinya memiliki bayi, tentu belum paham betul cara meyusui bayinya dengan benar. Lalu bagaimana cara menyusui bayi yang benar itu?

Hal – Hal Yang Sering Ditanyakan Oleh Ibu Menyusui

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang hal-hal yang sering ditanyakan oleh ibu menyusui sebagai berikut ini:

1. Bagaimana Cara Agar Produksi ASI Cukup Untuk Bayinya

Dalam hal ini, susuilah bayi anda setiap 2-3 jam dengan perlekatan dan hisapan yang baik. Karena sebagian besar ibu bisa memproduksi ASI lebih dari kebutuhan bayinya. Saat bayi menyusui pada payudara, maka sinyal payudara akan tersalurkan ke otak dan otak memerintahkan payudara untuk memprouduksi ASI. 

Jadi intinya adalah supply dan demand. Artinya, payudara akan memproduksi ASI sesuai permintaan bayi. Jadi, semakin sering ibu menyusui, maka akan semakin banyak ASI yang dihasilkan. Penambahan jumlah ASI tidak langsung terjadi saat itu juga, namun membutuhkan waktu beberapa hari.

2. Apakah Yang Dimaksud Growth Spurts?

Begitu pentingnya manfaat ASI bagi bayi, jadi jangan pernah ragu untuk selalu memberikan ASI pada bayi anda. Drowth spurts merupakan saat-saat ketika bayi tumbuh sanagt pesat dan membutuhkan ASI lebih banyak dari biasanya. Pada masa ini, bayi lebih sering minta disusui dan tidur lebih singkat. 

Biasanya growth spurts ini terjadi pada usia 2-3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, dan seterusnya. Dimana, masa ini biasanya berlangsung selama 2-3 hari namun bisa juga lebih. Lalu bagaimana dengan kecukupan produksi ASI pada masa ini? anda jangan merasa khawatir, karena adanya prinsip supply dan demand sehingga payudara akan bisa beradaftasi guna mencukupi kebutuhan ASI pada masa ini.

Apa Tanda – Tanda Bayi Lapar?

- Gerakan cepat pada mata di bawah bulu mata saat bayi mulai bangun
- Gerakan menghisap dan menjilat pada mulutnya
- Memasukkan tangan ke mulut
- Menggeliat dan gerakan tubuhnya bertambah

Kapan Sebaiknya Saya Berhenti Menyusui Bayi Pada 1 Payudara?

Dalam hal ini, sebaiknya gunakan  batasan waktu 15-20 menit untuk setiap payudara. Akan tetapi jika ibu sudah lebih terbiasa, ibu bisa mengetahui kapan payudara terasa kosong dan saatnya menwarkan payudara lain. Untuk menjaga keseimbangan antara kedua payudara, maka sebaiknya selalu mulai dari payudara yang lebih penuh. Biasanya pada payudara yang kedua bayi sudah tidak bisa menyusui hingga habis. Jadi, saat menyusui berikutnya, mulailah dari payudara kedua ini.

Apakah Aman Menyusui Saat Makan Obat?

Untuk masalah ini, bacalah petunjuk pada setiap kemasan obat atau konsultasikan dengan dokter. Biasanya parasetamol aman untuk ibu menyusui.

Apakah Aman Menyusui Ketika Saya Sakit?

Pada umumnya ibu masih bisa menyusui saat sakit, kecuali pada beberapa kondisi dan penyakit tertentu seperti HIV/AIDS, sedang dalam pengobatan kanker, TBC aktif. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi dokter untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Apa Yang Harus Saya Makan dan Minum Selama Menyusui?

Dalam hal ini, makanlah setiap kali ibu lapar dan berhenti makan bila merasa kenyang. Adapun makanan yang harus dimakan adalah sama seperti saat hamil trimester terakhir, namun ditambah 150-200 kalori per harinya.

Bagaimana Saya Tahu Bahwa Bayi Mendapat Suplai ASI Yang Cukup?

Jika konsumsi ASI sudah cukup, maka jumlah diaper akan basah setiap harinya minimal 6 buah, dan diaper kotor (buang air besar) minimal 1 buah. Hal ini berlaku untuk bayi berusia 6 hari atau lebih.
Masih banyak lagi hal-hal lainnya yang sering ditanyakan oleh ibu menyusui. Semoga artikel ini bermanfaat khususunya bagi para ibu menyusui.

Belum ada Komentar untuk "Hal – Hal Yang Sering Ditanyakan Oleh Ibu Menyusui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel