Cara Ampuh Mengobati Vertigo


Cahayamalam.com - Vertigo adalah suatu keadaan yang dialami seseorang yang seolah-olah lingkungan di sekitarnya berputar-putar. Sehingga dia merasakan ketidakseimbangan hingga sulit berdiri bahkan sulit berjalan. Cara terbaik untuk menggambarkan vertigo adalah dengan memutar-mutar tubuh Anda beberapa putaran sehingga Anda dapat merasakan efeknya.

Cara Mengobati Vertigo

Vertigo sendiri bukanlah termasuk penyakit. Namun sebuah gejala yang tiba-tiba muncul atau berlangsung dengan jangka waktu tertentu dalam satu waktu.

Gejala umum vertigo adalah pusing, sensasi kepala berputar atau kliyengan, dan kehilangan keseimbangan. Gejala tersebut akan memberikan dampak kepada si penderita yaitu merasa mual, muntah, sakit kepala, mengeluarkan keringat berlebih, bahkan terkadang disertai dengan gerakan mata yang tidak normal, telinga berdenging. Kondisi ini akan hilang dan timbul biasanya berlangsung beberapa menit, jam atau bahkan hari.

Jika Anda merasakan hal seperti di atas, dan kondisi Anda tak kunjung membaik sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menanyakan gejala apa yang Anda alami, melakukan pemeriksaan sederhana dan menganjurkan untuk pemeriksaan lebih lanjut, terutama jika frekuensi gejala yang Anda alami kian meninggi.

Cara mengobati vertigo

Biasanya vertigo akan hilang dengan sendirinya meskipun tidak melakukan pengobatan apapun, hanya sekedar istirahat saja. Hal ini karena otak Anda merespon telinga bagian dalam untuk membentuk keseimbangan kembali.

Namun begitu terdapat jenis terapi pengobatan untuk vertigo dan sesuai dengan penyebab serta tingkat keparahan vertigo yang dialami. Berikut adalah gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah ketika mengalami gejala vertigo.

Vertigo yang disebabkan oleh Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

BPPV adalah gejala vertigo yang paling umum, hal ini dikarenakan vestibuler telinga bagian dalam mengalami gangguan katena gerakan tiba-tiba yang dilakukan oleh kepala. Misalnya perubahan posisi kepala semula tegak lalu menunduk secara tiba-tiba, bangun tiba-tiba dari tidur dan terlalu lama mendongakkan kepala ke atas.

Para ahli menyebutkan bahwa vertigo ini disebabkan karena terdapat kristal karbonat yang masuk ke dalam telinga bagian dalam dan mengganggu jalannya cairan di dalam telinga tidak seimbang, sehingga efek yang ditimbulkan pada si penderita akan merasa dunia sekitarnya berputar-putar.

Hal demikian biasa dialami oleh para lansia 50 tahun ke atas, namun tidak menutup kemungkinan juga hal tersebut dapat terjadi pada orang muda. Cara untuk mengatasinya pun mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa gerakan kepala berikut ini.

Melakukan Gerakan Epley

Gerakan ini cukup mudah untuk dilakukan, Anda cukup duduk dengan tegak di tepi kasur dengan tungkai tergantung. Lalu putar kepala Anda 45 derajat ke kiri. Letakkan bantal di samping Anda, jadi saat Anda berbaring, bantal akan bertumpu di antara bahu, bukan di bawah kepala Anda.

Setelah itu segera berbaring, hadapkan kepala ke kasur (tetap dalam sudut 45 derajat). Bantal harus tepat berada di bawah bahu Anda. Tunggu sekitar 30 detik.

Kemudian putar kepala Anda 90 derajat ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu 30 detik lagi.
Lalu putar kepala dan tubuh Anda dari sisi kiri ke sisi kanan, jadi Anda akan bisa melihat lantai. Tunggu 30 detik. Perlahan-lahan bangun dari posisi berbaring dan duduk lagi, tapi Anda tetap di atas kasur selama beberapa menit.
Ulangi instruksi gerakan tadi dari sisi yang berbeda dan lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali sebelum tidur setiap malamnya, sampai Anda tidak merasakan pusing lagi selama 24 jam.

Nah itulah Cara mengobati vertigo ringan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa menggunakan obat-obat apapun. Namun jika hal di atas sudah sering Anda lakukan akan tetapi gangguan vertigo masih terus muncul, maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

Sekian sedikit pembahasan mengenai vertigo dan cara sederhana mengatasi vertigo, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Mengobati Vertigo"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel