Bolehkah Minum Teh Manis Dingin Saat Buka Puasa



Cahayamalam.com Minuman yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia karena cara membuatnya yang cukup mudah. Teh Manis bisa kamu buat kapan saja dan sangat mudah menemukannya di Warung Kopi, Cafe atau Restoran. Saat membuatnya sendiri di Rumah pun, kamu bisa. Bagaimana caranya?
Teh Manis Dingin Saat Buka Puasa

Pertama, sediakan teh celup yang kamu sukai. Siapkan gula dan panaskan air hingga mendidih. Masukkan gula secukupnya sesuai selera kamu, kemudian masukkan air panas dan teh celup hingga seperempat gelas, campurkan dengan air putih hingga setengah gelas. Setelah itu masukkan es batu agar menjadi dingin. Kalau kamu ingin teh manis hangat, air putih campuran tadi dicampur hingga ¾ gelas. Air putih tersebut dimaksud agar kamu tidak perlu menunggu lama untuk meminum teh manis tersebut.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas mengenai Minum Teh Manis Dingin Saat Buka Puasa, bolehkah? Jawabannya ada di bawah ini.

Sebagai minuman khas Indonesia, Teh Manis Dingin bisa diminum dengan berbagai makanan pelengkapnya. Rasanya manis dan menyegarkan tenggorokan terlebih setelah haus berpuasa seharian. Bahkan beberapa orang menganggap Teh Manis Dingin sebagai minuman yang murah tapi tidak murahan untuk semua kalangan.

Pakar kesehatan mengemukakan pendapatnya mengenai teh manis dingin yang diminum saat berbuka puasa. Kamu boleh meminumnya, tapi dengan satu syarat yakni tidak boleh berlebihan. Kandungan gula sukrosa pada teh manis bisa memicu kenaikan kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan. Sedangkan rasa dinginnya juga dapat memicu penurunan kadar gula darah secara drastis. Akibatnya tubuh terasa lemas dan mudah mengantuk setelah buka puasa.

Penyerapan kadar gula darah pada teh manis dingin lebih cepat dibandingkan mengkonsumsi nasi sebagai karbohidrat. Teh manis dingin juga mengandung kafein, meskipun pada dasarnya bersifat diuretik atau menguras cairan tubuh. Hal ini kurang baik bagi tubuh yang seharian berpuasa dimana asupan cairan sangat kurang dan sangat rentan terkena dehidrasi.

Pakar Kesehatan justru lebih menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi air putih saat berbuka puasa, air putih hangat lebih menyehatkan tubuh sebagai minuman pembuka. Air putih mampu menghilangkan haus dan menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas seharian selama berpuasa. 

Selain air putih, minuman yang menyehatkan bagi tubuh diantaranya air kelapa muda yang kaya akan elektrolit. Pastikan tidak menambahnya dengan sirup atau gula pada air kelapa mudanya.

Minum teh manis dingin saat berbuka puasa juga bisa menimbulkan efek buruk lainnya terhadap kesehatan. Salah satunya memicu naiknya asam lambung. Hal ini disebabkan oleh kondisi perut yang kosong tanpa mencerna apapun kemudian langsung meminum teh manis dingin yang mengandung kafein.

Asam lambung yang naik juga bisa menyebabkan mual bagi orang yang memiliki sistem pencernaan sensitif. Apakah kamu salah satunya? Teh manis dingin yang dikonsumsi saat berbuka puasa juga bisa menurunkan nafsu makan. Bahkan, setelah makan nasi dan lauk pauknya biasanya terasa kurang nikmat jika sebelumnya telah minum teh manis dingin.

Sebagai alternatif lain, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air putih hangat dengan madu dan memakan beberapa butir kurma. Kandungan glukosa pada kurma sangat aman untuk tubuh. Setelah diisi terlebih dahulu oleh kurma, barulah kamu bisa minum teh manis dingin.
Alternatif tersebut setidaknya bisa menekan jumlah asam lambung agar tetap aman. Tertarik untuk mencobanya? Itulah ulasan mengenai Minum Teh Manis Dingin Saat Buka Puasa, Terima Kasih. 


Belum ada Komentar untuk "Bolehkah Minum Teh Manis Dingin Saat Buka Puasa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel