Wisata Gunung Malabar, Bukti Keeksotisan Alam di Bandung Selatan


Wisata Gunung Malabar adalah salah satu objek wisata di Bandung yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke Bandung. Karena dikeliling oleh bentangan pegunungan, menjadikan Bandung banyak mempunyai tempat-tempat yang indah, termasuk Gunung Malabar ini. Para pecinta alam, tentulah sudah tahu tentang gunung ini. Bagi pecinta alam, gunung adalah tempat menakjubkan untuk menikmati alam yang indah.

WIsata Gunung Malabar
Dengan berwisata ke Gunung Malabar, anda bisa melakukan pendakian yang menyenangkan. Tingginya 2343 mdpl, sehingga disebut dengan puncak besar, bisa diakses dengan mudah dari wilayah pengalengan. Pada jaman kolonialisme Belanda, gunung ini memiliki stasiun radio terkenal yang digunakan untuk menyiarkan berita-berita penjajah. Tapi, sekarang bangunan stasiun itu telah hancur, yang tersisa hanyalah reruntuhan dinding-dindingnya saja. 

Jalur Rute Pendakian Gunung Malabar

Ketika anda ingin mendaki gunung Malabar, anda perlu tahu dulu rutenya. Jika mengambil rute sebelah kiri dari pertigaan pertama jalan masuk pengalengan, anda akan melewati perkebunan teh. Kawasan pengalengan berada di 1500 meter dari permukaan laut. Melalui rute kiri, anda akan melalui perkebunan the yang terhampar dengan lahan hijau, pondokan dan warung, lalu menuju bukit yang tingginya 1900 mdpl.

Rute Gunung Malabar

Sedangkan dari Desa Cinyiruan yang berada pada ketinggin 1590 mdpl memerlukan waktu selama 4 jam untuk mencapai puncak gunung. Pada jalur pendakian ini masih jarang dikunjungi, sehingga belum ada tanda jejak disana. Selain itu, jalur ini juga masih ditumbuhi banyak tanaman liar. Jadi, anda perlu hati-hati ketika ingin mencoba melaluinya.

Sebenarnya, aktivitas pendakian bukanlah tujuan utama berwisata ke Gunung Malabar. Pada saat melakukan pendakian, anda juga akan disuguhi pemandangan alam. Kalau sudah sampai di puncak besar gunung Malabar, anda akan menyaksikan tumbuhan-tumbuhan hijau. Memang bukan yang terindah, tapi mungkin anda akan merasakan kepuasan karena bisa menakhlukkan puncak gunung ini. Disana, ada beberapa puncak gunung lain dengan pemandangan yang lebih menarik dan jalur pendakian yang aman. 


Kawasan Wisata Lain Sekitar Gunung Malabar 

Di sekitar Gunung Malabar, ada gunung lainnya yakni Gunung Puntang dengan ketinggian 2223 mdpl dan Puncak Gunung Haruman dengan ketinggian 2140 mdpl. Puncak Puntang merupakan kawasan wisata yang cukup popular di kalangan pendaki karena rute pendakiannya lebih aman. Sedangkan Puncak Haruman mempunyai rute sangat curam serta jalur perlintasannya becek. Jadi, harus hati-hati sekali jika ingin menuju puncak gunung haruman.

Gunung Puntang

Kedua gunung ini berada di daerah Mekarsari dan di kawasan Gunung Puntang, terdapat wisata lain seperti curug siliwangi beserta camping ground. Hanya butuh waktu 3 jam perjalanan untuk mendaki ke puncak gunung puntang. Sesampainya di puncak puntang, anda akan disuguhi pemandangan alam indah sekali karena letaknya di puncak tertinggi. Sehingga, pandangan mata anda tidak terhalangi oleh pepohonan yang tinggi.

Saat cuaca cerah, anda bahkan bisa melihat pemandangan kota bandung, tangkuban perahu, gunung burangrang dan bukit tunggul. Selain itu, juga akan melihat panorama gunung pangrango dari kejauhan. Bagi anda yang sudah berkunjung ke Gunung Malabar, lanjutkan petualangan ke gunung puntang ini.

Sejarah Singkat Gunung Malabar

Gunung Malabar adalah gunung yang terbentuk karena aktivitas pembentukan gunung api kala plistosen awal, diperkirakan sekitar 5 juta tahun lalu. Bersamaan gunung Malabar, terbentuk pula gunung lainnya yakni gunung kamojang guntung, gunung wayang, gunung papandayan, gunung cikuray dan gunung patuha. Untuk informasi lokasnya, gunakan google map.

Belum ada Komentar untuk "Wisata Gunung Malabar, Bukti Keeksotisan Alam di Bandung Selatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel