Waspadai Sakit Di Sekitar Pusar, Bisa Saja Gejala dari Penyakit ini!


Ada beberapa penyebab rasa sakit di daerah pusar. Biasanya karena gangguan usus mulai dari distensi perut oleh gas, hingga penyakit yang menyebabkan infeksi atau radang perut seperti gastroenteritis, radang usus buntu. Nyeri pada pusar juga dapat timbul karena iradiasi nyeri pada organ-organ perut lainnya. Daintaranya seperti gangguan pada pankreas dan kolesistitis, atau bahkan perubahan yang terjadi pada kehamilan. 
Waspadai Sakit Di Sekitar Pusar
Jika anda biasanya mengabaikan rasa sakit sekitar pusar, mulai sekarang waspada dan gabungkan dengan beberapa gejala lainnya. Jika dirasa cukup parah, anda bisa berkonsultasi pada dokter. Inilah beberapa penyebab sakit di sekitar pusar!

Hernia umbilikalis

Salah satu penyebab munculnya rasa sakit di sekitar pusar adalah hernia umbilikalis. Rasa sakit yang timbul terletak langsung di pusar dan terjadi ketika bagian dari usus atau organ perut lainnya melalui dinding perut dan tetap berada di antara otot dan kulit pada daerah tersebut. Umumnya rasa sakit timbul atau memburuk ketika batuk atau kegiatan lainnya. Kalau dibiarkan peradangan bisa bertambah parah dan rasa sakit pun semakin menyiksa.

Baca juga: Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Sembelit

Penyebab sakit pada sekitar pusar selanjutnya adalah sembelit. Jika sembelit, anda akan merasakan sakit di bagian bawah pusar, karena terjadi distensi usus yang disebabkan oleh akumulasi gas atau kotoran yang merangsang saraf pada daerah tersebut.

Untuk menghindari sembelit, mengonsumsi makanan kaya serat harus dilakukan secara rutin. Anda bisa mengonsumsi sayuranm buah dan biji-bijian. Kemudian, menjaga tubuh tetap hidrasi adalah langkah terbaik. Setidaknya minum 2 liter air sehari untuk membantu menghidrasi tinja. Obat pencahar juga bisa dikonsumsi, atau konsultasi pada dokter jika beberapa hari tidak membaik. 

Gastroenteritis

Diare yang disebabkan oleh gastroenteritis atau keracunan makanan, dapat disertai dengan rasa sakit di sekitar pusar. Meskipun mungkin timbul pada setiap daerah perut, karena peradangan yang timbul selama kondisi keracunan ini. Rasa sakit dapat disertai dengan mual, muntah dan demam, berlangsung sekitar 3 sampai 7 hari. Jika ini terjadi, anda harus memilih makanan yang lebih ringan, mudah dicerna dengan sedikit  kandungan lemak dan biji-bijian.

Jangan lupa untuk terhidrasi dengan air, teh dan jus. Obat analgesik dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit, tetapi jika gejalanya menjadi lebih buruk dan bertahan lebih dari 1 minggu atau disertai dengan tinja berdarah atau demam di atas 39ÂșC. Penting untuk memeriksakan ke dokter.

Belum ada Komentar untuk "Waspadai Sakit Di Sekitar Pusar, Bisa Saja Gejala dari Penyakit ini!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel