Sanggring, Tradisi Unik Dari Desa Tlemang Di Lamongan


SANGGRING, Begitulah warga Desa Tlemang, Kecamatan Ngimbang, Lamongan, Jawa Timur, menyebut tradisi yang diwarisi dari para leluhurnya yang digelar setiap tahun berdasarkan penanggalan jawa yaitu tanggal 26 atau 27 Bulan Jumadil Awwal.

Menurut warga setempat, tradisi Sanggring bisa juga dikatakan ritual mendak'an (Haul) Ki Buyut Terik yang merupakan leluhur warga setempat. Pada prosesi tradisi Sanggring, seluruh warga bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat berziarah ke Punden (Makam) Ki Buyut Terik.
Sanggring, Tradisini Unik Dari Desa Tlemang Di Lamongan
Ilustrasi
Biasanya warga memanjatkan doa istighosah, mendoakan leluhurnya dan memohon kepada sang Maha Pencipta Alam semesta agar diberikan keberkahan dalam hidupnya.
Sanggring, Tradisini Unik Dari Desa Tlemang Di Lamongan
Tradisi
Sanggring sendiri merupakan nama masakan olahan berbahan ayam dan bumbu jangkep yang dimasak oleh warga pada prosesi ritual tersebut. Uniknya, proses memasak Sanggring harus dikerjakan oleh 40 kaum laki-laki, dan tidak diperkenankan wanita memegang alatnya maupun memasaknya.
Sanggring, Tradisini Unik Dari Desa Tlemang Di Lamongan
Tradisi
Keunikan lainnya, seluruh ayam baik jantan maupun betina yang dikumpulkan dari setiap warga beserta bumbu jangkep harus dimasak semua, dan proses masaknya pun tidak boleh dicicipi oleh para juru masak.
Sanggring, Tradisini Unik Dari Desa Tlemang Di Lamongan
Tradisi
Biasanya menjelang tradisi Sanggring digelar, para warga desa yang sedang merantau akan menyempatkan pulang kampung untuk menyaksikan ritual Sanggring. Bahkan tidak hanya warga setempat yang hadir, sebagian warga dari luar daerah juga ada yang hadir sekedar ingin mendapatkan masakan Sanggring.

Konon, masakan sanggring bagi sebagian warga luar Desa Tlemang dipercaya dapat menjadi obat kesehatan jika dimakan. Penyajian Sanggring sendiri tidak boleh dimakan dengan nasi atau makanan lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Sanggring, Tradisi Unik Dari Desa Tlemang Di Lamongan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel