Inilah 5 Manfaat Pedas Cabai bagi Kesehatan Tubuh


Mitos mengatakan orang yang suka memakan cabai berarti orang tersebut judes dan suka banyak ngomong. Cabai banyak juga penggemarnya tetapi juga ada yang membencinya karena rasa pedas yang ditimbulkan ketika memakannya. Walaupun begitu masakan akan terasa kurang tanpa kehadiran cabai di dalamnya. Selain untuk makanan, cabai biasanya digunakan sebagai penghias dan pelezat. 

Bagi orang yang senang dengan cabai, rasa pedas cabai merupakan kenikmatan tersendiri. Yang harus anda ketahui adalah sebenarnya rasa pedas cabai bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini.
Cabai

Mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Cabai mempunyai banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya vitamin A, B, C, mineral tembaga, kalium, mangan dan asam folat. Vitamin A dan C dalam cabai mempunyai antioksidan yang disebut dengan beta-karoten. Beta-karoten berfungsi membunuh radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Selain itu, juga mencegah kolestrol tinggi pada tubuh yang menyebabkan terjadinya masalah pada jantung. Antioksidan yang terdapat dalam cabai sangat bermanfaat bagi kesehatan organ-organ tubuh. 

Menambah nafsu makan

Anda sedang galau karena seuatu hal? Mungkin karena itu membuat nafsu makan berkurang dan akibatnya berat badan menurun. Untuk mengatasinya anda bisa memasukkan cabai dalam makanan anda, karena apa yang terkandung dalam cabai membantu anda menikmati makanan serta merangsang tubuh untuk mekan lebih lahap. Jadi jangan heran jika anda melihat seseorang yang doyan pedas makannya banyak. 

Mengatasi penyakit pernapasan

Cabai jika dikonsumsi akan membantu tubuh untuk membersihkan saluran udara pada paru-paru. Dengan begitu nafas anda akan menjadi lega dan lancar tanpa hambatan. Nah, ini sangat baik bagi penderita gangguan pernapasan karena kesulitan bernapas dan mengaturnya. Paru-paru yang sehat, akan membuat hidup anda lebih tahan lama. Tidak hanya itu, zat yang terkandung didalam cabai juga mampu menetralisir racun-racun yang berada dalam tubuh. Hal ini tentu memperkuat sistem kekebalan tubuh anda terhadap penyakit.

Mengatasi infeksi

Luka yang berdarah pada tubuh jika tidak ditangani langsung dapat menyebabkan infeksi dan pembengkakan pada area tubuh yang luka itu. Agar tubuh anda mampu melawan infeksi pada luka yang terjadi anda bisa mengkonsumsi cabai, karena dapat membantu paru-paru untuk meningkatkan kemampuannya dalam memompa darah segar dalam tubuh. Terpenuhinya kebutuhan darah segar dalam tubuh menyebabkan luka lebih cepat sembuh dan sulit menjadi infeksi. 

Mengurangi resiko terkena kanker usus

Kandungan asam folat, beta-karoten dan vitamin C pada cabai berguna untuk tubuh karena menurunkan resiko terkena kanker usus besar. Ternyata rasa pedasnya bukan hanya membuat sakit perut tetapi malah bermanfaat bagi kesehatan usus. Jika usus sehat, pencernaan dan metabolisme menjadi lancar. 

Mengurangi stres

Ketika anda sedang dalam masalah dan sulit memecahkannya biasanya membuat pikiran menjadi stres. Pada masa-masa itu anda bisa mengkonsumsi cabai agar rasa stres berkurang. Karena dalam cabai mengandung zat capsaicin dan zat endorfin yang mampu membuat perasaan menjadi bahagia. Sehingga perasaan cepat marah, mudah tersinggung, bingung, ataupun linglung dapat berkurang dan menjadikan tubuh lebih rileks. Otak anda menjadi cukup kuat menampung semua permasalahan yang terjadi.

Walau begitu banyak manfaat cabai bagi kesehatan tubuh, tetapi jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. Yang didapat nanti bukannya kesehatan melainkan penyakit. Anda harus bisa mendisiplinkan diri agar menjadi lebih baik dan menjaga apa yang sudah dimiliki terutama kesehatan tubuh. 

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Manfaat Pedas Cabai bagi Kesehatan Tubuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel