Pituk Lesung Pasuruan, Menikmati Sunset Di Pasuruan Yang Menakjubkan


Mendaki gunung adalah wisata yang paling menantang dan mengaksyikan, karena kita bisa menikmati keindahan alam kita juga bisa melihat pemandangan yang menakjubkan. Nah di pasuruan ada tempat yang pas banget menikmati ciptaan tuhan yang tidak terlupa kan, lokasi ini namanya adalah Putik Lesung Pasuruan.

Sebelum kita membahas lebih lengkap tentang pendakian Putuk Lesung kita telusuri asal usul nama Putuk Lesung tersebut. Nama lesung sendiri adalah alat untuk menumbuk padi nah di lokasi ini ada situs Putik Lesung yang berada di ketinggian 1740 mdpl. Situs ini terbuat dari batu andesit yang bentuknya mirip seperti perahu yang menghadap ke arah utara dan selatan Atau mengarah ke Gunung Arjuno.

Putuk Lesung Pasuruan, Menikmati Sunset Di Pasuruan Yang Menakjubkan
Pituk Lesung

Putuk Lesung ini adalah sebuah lereng yang berada di Gunung Arjuno, untuk mendaki nya kita melalui jalur pendakian Gunung Arjuno - Gunung Walirang Desa Tambak Sari, Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Dari jalan utama masuk ke Tambak Watu kurang lebih 7 kilometer yang dapat di akses dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Pendakian ke Putuk Lesung ini cukup membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 3 jam, buat kalian para pemula yang ingin mendaki di sini jangan khawatir karena pendakian ini pas banget buat para pemula. Jika kalian ingin ke Putuk Lesung tanpa kemah kalian harus berangkat malam, dengan berbekal yang memadai seperti senter atau headland karena itu sangat wajib.

Sebelum itu kalian harus lapor ke pos perizinan dengan membayar sebesar 10.000 perorang dan menyerah kan kartu tanggal pengenal.

Putuk Lesung Pasuruan, Menikmati Sunset Di Pasuruan Yang Menakjubkan
Pituk Lesung

Dijalur pertama kalian akan melihat jalur berbatu yang semakin menanjak jadi manfaat nya bagi para penanjak itu biar fokus dan tidak selfi menghindari hal yang negatif karena di pos 1 kita akan menemukan Goa Onto Boego dan bau kemenyan yang menyengat.

Ada fasilitas toilet yang cukup bersih di wisata pasuruan ini. Tapi kalian harus berhati - hati karena paving menuju ke toilet tersebut sangat licin karena sudah melumut. Hal ini karena di daerah tersebut sering terjadi hujan terus menerus.

Putuk Lesung Pasuruan, Menikmati Sunset Di Pasuruan Yang Menakjubkan
Pituk Lesung

Di jalur pendakian ini kalian akan menemukan juga patung Naga Onto Beogo. Lanjut ke pos 2 kita akan menemukan jalan berlumut dan menanjak serta sangat licin tidak hanya itu saja kalian akan menemukan jalan bercabang. Kalian akan lebih menguras tenaga disini karena jalan nya semakin menanjak dan keringat akan mengucur deras.

Di sini juga ada toilet tapi kalian harus berjalan ke kiri sekitar 300 meter. Tepatnya berada di sendang Dwi Kunthi yang di percaya akan membuat orang awet muda jika mandi atau cuci muka disana, ada juga orang yang melakukan ritual disana karena ada asap kemenyan di area tersebut.

Setelah sampai di pos 2 kalian mengambil jalur sebelah kanan searah dengan Air Terjun Gumandar. Jalur ini terbilang tersulit karena walau pun hutan yang menghubungkan ke Putuk Lesung tidak panjang tapi kesan mencekam akan terasa di hutan ini. Vegetasi nya rapat dan lembab serta berlumut Dipeluk jalar dan ranting yang rapuk khas hutan hujan.

Putuk Lesung Pasuruan, Menikmati Sunset Di Pasuruan Yang Menakjubkan
Pituk Lesung

Tapi semua akan terbayar karena melihat keindahan sunset di puncak Putuk Lesung ini, karena kita melihat begitu indah nya ciptaan maha kuasa.

Belum ada Komentar untuk "Pituk Lesung Pasuruan, Menikmati Sunset Di Pasuruan Yang Menakjubkan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel