4 Festival Unik Pada Hari Nyepi Yang Hanya Ada Di Bali


Sebentar lagi festival hari nyepi di bali, nyepi di bali ini di lakukan pada tanggal 17 Maret 2018 ini. Masyarakat di bali ini akan lebih tenang dari pada biasanya, ini dikarenakan warga Pulau Dewata bali menghentikan aktivitas kegiatan nya dan fokus bermeditasi sehari penuh. Nah di Bali sebelum dan sesudah melaksanakan Hari Raya Nyepi ada festival unik dan hanya ada saat hari raya nyepi saja nah itu apa saja ya??

1. Omed - omedan

Omed - omedan

Omed - omedan ini adalah festival paling unik di bali. Ribuan muda - mudi yang lajang berkumpul bersama untuk ciuman massal, selama 100 tahun para pria maupun wanita usia 17 - 30 tahun berpartisipasi dalam festival unik ini dan hanya ada saat hari raya nyepi di bali. Selain itu festival ini di sertai dengan percikan air pada partisipasi sebagai lambang pemberkatan.

Omed - omedan ini diawali dengan memisahkan para laki - laki dan perempuan. Kemudian kelompok berdiri berhadapan begitu dapat aba - aba dari tetua desa kedua kelompok tersebut akan mengarah satu sama lain untuk berciuman massal satu sama lain. Fastival ini dulu di buat untuk ajang cari jodoh.

2. Malasti

Malasti

Sebelum melakukan meditasi, warga bali akan melaksanakan malasti. Tradisi ini di maksud untuk membersihkan jiwa sebelum hari raya besar. Mereka akan berbondong - bondong mengarak patung dewa ke laut maupun ke sungai untuk di membersihkan. Selain itu mereka mengadakan doa bersama dan persembahan. Festival ini sangat populer bagi turis asing maupun domestik karena kita bisa melihat dari dekat bagaimana warga bali menjaga tradisi dan budaya mereka.


3. Ogoh - ogoh

Ogoh-ogoh

Ogoh - ogoh ini adalah patung kertas yang terbuat dari kertas dan di bentuk menyeramkan yang melambangkan roh jahat dan pengaruh jahat. Patung ini akan di arak keliling desa dan kota yang diiringi dengan suara gamelan yang membekkakkan telinga. Ini bertujuan agar suara keras bisa mengusir roh yang bersemayam di lingkungan. Setelah di arak ogoh - ogoh ini di bakar agar lingkungan terbebas dari pengaruh buruk.

4. Perang Api

Perang Api

Festival ini sangat seru dan ekstrem, kenapa karena pemuda di bali melakukan perang api sehari menjelang nyepi. Biasa nya menggunakan bola api yang di buat dari tempurung kelapa. Para pemuda di bali akan melempar bola api tersebut dari satu ke yang lain, ini sebagai simbol berani mengusir roh jahat. Percikan api yang muncul ini di simbol kan bahwa musuh terbesar seorang pria adalah dirinya sendiri. Jika bisa mengalahkan akan mendapatkan kebahagiaan sejati.

Nah buat kalian yang ingin melihat festival unik di bali bisa datang jangan lupa booking pesawat si Pegipegi aja.

Belum ada Komentar untuk "4 Festival Unik Pada Hari Nyepi Yang Hanya Ada Di Bali"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel